Meeting the Coaches (MTC)

Responsive Image

Meeting the Coaches (MTC) #Desember

Disrupsi global di tahun 2023 sudah di depan mata. RS harus bersiap untuk dapat merespon cepat dan adaptif terhadap tantangan aspek keuangan dan pendanaan. Berinvestasi dalam revenue streams yang baru kini menjadi tren untuk RS yang tengah menghadapi tantangan margin operasional yang ‘ketat’ dan perubahan lanskap bisnis RS. 

Yang menjadi pertanyaan: Keputusan strategi keuangan apa yang perlu diambail agar RS dapat bertahan, bertumbuh, dan lebih jauh -- sustain? Apakah RS harus berhati-hati untuk tidak mengambil terlalu banyak risiko keuangan? Atau berani mengambil keputusan strategis investasi dengan mindset pertumbuhan dan semangat entrepreneurship menyongsong tahun 2023?
​​
Responsive Image

Transformasi Jelang 2023: Meeting the Coaches (MTC) #Oktober

Tidak sampai 100 hari lagi jelang tahun 2023. RS perlu menilik kembali kesiapannya dalam menghadapi berbagai tantangan, mulai dari mendesain ulang organisasi untuk meningkatkan kecepatan akselerasi produktivitas, menyusun kembali portofolio, berinovasi dalam model bisnis baru untuk layanan dan bisnisnya, hingga realokasi sumber daya yang kian terbatas. Perlu disadari bahwa pemain RS yang mampu menyiapkan setidaknya 4 poin di atas dalam menghadapi krisis dan tantangan, akan sukses keluar sebagai ‘champion’ di tahun-tahun mendatang.
​​​
Responsive Image

Meeting the Coaches (MTC) #Agustus

Dalam upaya pengembangan RS yang tengah bertumbuh dan bertransformasi, pembangunan layanan unggulan dibutukan untuk menjadi salah satu revenue center serta menjadi perwajahan brand RS pada segmen pasar yang dituju. Diperlukan kerjasama tim multidisiplin, kecakapan dalam memabca kebutuhan dan permintaan pasar terhadap layanan, kepemimpinan yang berjiwa entrepreur dan komitmen, hingga dukungan finansial yang berbiaya besar.
Responsive Image

Meeting the Coaches (MTC) #Juli

Persaingan ketat antar RS terutama RS yang dikelola swasta yang memerlukan suatu inovasi secara berkelanjutan agar tampil berbeda dengan RS lainnya melalui atribut yang tidak dimiliki oleh RS lain. Kini, persaingan RS untuk memperebutkan konsumen tidak lagi terbatas pada atribut fungsional produk jasa yang diberikan, melainkan sudah dikaitkan dengan merek atau citra bagi konsumennya. Hal inilah yang disebut dengan ekuitas merek (brand equity), yaitu kekuatan merek yang menjanjikan nilai yang diharapkan konsumen atas suatu produk sehingga akhirnya konsumen akan merasa mendapatkan kepuasan yang lebih bila dibanding produk-produk lainnya.

Berbagi Bersama Member (BBM)

Berbagi Bersama Member (BBM) #September: Renstra & Inisiatif Pertumbuhan RS?

Dalam bisnis, tidak terkecuali RS, pertumbuhan harus menjadi prioritas utama dalam lima hingga sepuluh tahun pertama bisnis. Pertumbuhan bisnis dapat mendorong pertumbuhan laba yang sehat dan membuat RS dapat bersaing dengan para kompetitornya. Inisiasi pertumbuhan bisnis RS, tidak hanya dapat diwujudkan melalui kerja operasional atau perencanaan tahunan semata, melainkan membutuhkan perencanaan jangka panjang dengan membentuk rencana strategis bisnis spesifik yang memiliki target capaian setiap tahunnya.

Penyusunan rencana strategis yang matang memungkinkan RS untuk mengantisipasi dan adaptif terhadap kondisi internal dan lingkungan yang terus berubah, mendapatkan pertumbuhan yang mumpuni, dan tentunya mencapai tujuan besar RS.
Responsive Image

Berbagi Bersama Member (BBM) #Agustus: Covid-19 dan Transformasi Budaya Organisasi

Pandemi Covid-19 bukan hanya mentransformasi alur pelayanan dan strategi bisnis RS, namun hingga ketataran transformasi budaya organisasi. RS yang sukses menjadikan pandemi Covid-19 sebagai katalisator momentum perubahan budaya organisasi, akan sukses bertahan dan bertumbuh menghadapi berbagai tantangan perubahan dan ketidakpastian pada pasar bisnis RS.
Responsive Image

Berbagi Bersama Member (BBM) #April: RS Muslimat Ponorogo

Perubahan yang terjadi secara eksternal lambat laun akan mendorong internal untuk ikut beradaptasi. Kebijakan KRIS JKN akan turut mengubah bagaimana RS beroperasi.

Bagaimana RSU Muslimat Ponorogo dan RS An-Nisa mempersiapkan KRIS? Sudahkah RS Anda bersiap dalam menghadapi perubahan? Tertarik melakukan pendampingan dengan SMM?

Telah hadir Berbagi Bersama Member dengan tema “Tantangan Perubahan Kebijakan JKN bersama RSU Muslimat Ponorogo dan RS An-Nisa.”

Responsive Image

Berbagi Bersama Member (BBM) #Mei: NEW WAVE MARKETING?

Perubahan perilaku konsumen dan perubahan pasar RS yang signifikan menjadikan persaingan bisa muncul dari mana saja dan dalam bentuk apa saja, sementara konsumen terbuka terhadap informasi yang lebih besar yang muncul dari segala arah. Konsep pemasaran yang bergeser dari legacy menjadi new wave mengharuskan organisasi, termasuk rumah sakit untuk mengubah proses pemasaran yang selama ini dilakukan.
Responsive Image

Berbagi Bersama Member (BBM) #Februari

Rumah sakit membutuhkan kepuasan pelanggan untuk terus mendapatkan kepercayaan terhadap layanan yang ditawarkan. Sehingga, pasien menjadi aset yang penting dalam membangun rumah sakit, bagaimana cara rumah sakit memikat hati mereka? Mari simak pengalaman RS NU Tuban dalam memberikan _service excellence_ untuk pasien di Berbagi Bersama Member #Februari!
Responsive Image