Menata Hubungan Antara Pemilik dan Manajemen RS Agar Bisnis Berjalan Lancar

  • 30 September 2021

 

Tangerang selatan, 29 September 2021 – Perubahan kondisi eksternal yang serba cepat membuat kondisi internal mau tak mau harus kuat dan tangguh.  Perubahan-perubahan ini terkadang membuat Pemilik RS/PT atau sejenis terlalu ikut campur dalam ranah yang operasional sehingga manajemen RS menghadapi berbagai restriksi dan kendala dalam pengembangan bisnisnya. Melihat fenomena yang ada, Setia Mulya Medika (SMM) mengadakan seminar virtual bertajuk SMMT #13 dengan tema “Tata Hubungan dan Komunikasi Pemilik dan Manajemen RS dalam Membangun Bisnis”. Webinar ini diadakan melalui platform Zoom dan telah dihadiri oleh 80 peserta. Menghadirkan dua narasumber yaitu, dr. Triovva Elsy Armita, M.KKK, selaku ahli K3 dan Manajemen Risiko dan dr. Gatot Subroto M.kes, selaku direktur RS Yasyfin Darussalam Gontor.

Dalam paparannya, dr. Elsy menyampaikan bahwa sumber masalah dari kesalahpahaman antara pemilik dan pengelola adalah ketakutan pemilik yang mencapai 75% mengenai perkembangan bisnis RS. Sebagian besar pemilik merasa takut jika bisnisnya tidak berkembang. Oleh karena itu, pemilik sering melakukan intervensi untuk hal yang sifatnya operasional. Tak hanya intervensi, rasa tidak percaya pemilik terhadap kompetensi pengelola, menjadikannya lebih sering untuk memberi instruksi satu arah. Padahal, hal inilah yang mendasari RS tidak berkembang. Maka pemecahan masalah dari sini adalah cara manajemen mengembalikan rasa kepercayaan dan keamanan bisnis melalui kinerja kelola RS yang baik.

 

Pada sesi kedua, dr. Gatot memberikan kiat agar menjadi CEO yang sukses di mata Pemilik. Pertama, owner perlu menyempatkan duduk bersama dengan pemilik untuk menyamakan visi dan misi. Kedua, temukan cara berkomunikasi yang efektif antara pemilik dan CEO. Ketiga, tunjukan capaian pekerjaan Anda. Capaian dapat berupa revenue atau rasa percaya pasien terhadap RS.

Pada akhirnya, ketika manajemen mampu untuk mengelola RS sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pemilik, maka pemilik pun akan lebih santai dan mempercayai sepenuhnya kepada manajemen. Dampaknya, RS Anda akan maju dan berkembang. Sudahkah Anda mempersiapkan cara-cara untuk memperbaiki komunikasi antara pemilik dan pengelola? Mantapkan lagi strategi komunikasi Anda dengan memutar ulang rekaman SMMT #13 pada link ini.

Siapkah Anda bertransformasi?